Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya Lengkap (Bagi Yang Sudah 'Sunnah Rasul Malam Jumat' Wajib Baca!)

Bacaan Doa Niat Mandi Wajib dan Tata Caranya Lengkap (Bagi yang Sudah 'Sunnah Rasul Malam Jumat' WAJIB BACA!) - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memperlihatkan info perihal apa itu mandi wajib, pengertian mandi wajib atau mandi junub, mandi junub adalah, bacaan doa niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang sudah menjalankan sunnah Rosul di malam jumat tentunya harus tahu perihal bacaan doa niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib ini. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Mandi Wajib/Junub/Besar


Mandi wajib atau mandi besar atau mandi junub adalah mandi untuk menghilangkan hadast besar baik keluar mani, bersetubuh, haid nifas, dan melahirkan. Dalam melakukan mandi wajib, terdapat tata cara mandi wajib semoga kita benar-benar higienis dari hadast besar, tidak hanya itu mandi wajib terdapat niat yang harus dibaca baik itu secara verbal maupun dalam hati. Hukum mandi wajib/mandi junub/mandi besar yaitu wajib.

Pada umumnya mandi wajib/mandi junub dilakukan bagi seseorang yang beradap di masa pubertas, untuk menyucikan diri dari hadast besar, sehingga bagi anda yang telah menginjak masa pubertas maka cepat-cepat anda harus mengetahui tata cara dan doa niat mandi wajib.


Bacaan Doa Niat Mandi Wajib/Junub/Besar


Dalam memulai mandi wajib, maka utamakanlah niat terlebih dahulu untuk menghilangkan hadast besar. Niat mandi wajib akan membedakan mandi yang biasa kita lakikan..Seperti dalam Sabda Rhasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang artinya:

"Semua amal tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapat sesuaui apa yang ia niatkan" 
(HR. Al Bukhari dan Muslim).

1. Secara umum, lafadz doa niat mandi wajib:
Catatan: Doa niat mandi wajib ini sanggup dilakukan dari seluruh hadast besar


    Bacaan doa niat mandi wajib: "Nawaitul Ghusla Lifrafil Hadatsil Akbari Fardhan Lillahi Ta'aala.
    Artinya: "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu sebab Allah ta'aala.

2. Doa niat mandi wajib sesudah mimpi basah/keluarmani/ atau bersetubuh:

    Bacaan doa niat mandi wajib sesudah mimpi berair atau bersetebuh: "Nawaitu Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbari 'An Jamiil Badanii Likhuruji Maniyyi Minal Inaabati Fardhan Lillahi Ta'aal.
    Artinya: "Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar dari seluruh tubuhku sebab mani dari jinabat fardhu sebab Allah ta'ala.

3. Doa niat mandi wajib sebab haid (menstruasi):

    Bacaan doa niat mandi wajib sesudah haid: "Nawaitu Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta'ala.
    Artinya: "Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar dari haid fardu sebab Allah ta'ala"

4. Doa niat mandi wajib sebab nifas:

    Bacaan doa niat mandi wajib sebab nifas: "Nawaitu Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbar Minal Nifasi Fardhlon Lillahi Ta'ala,
    Artinya: "Aku berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar dari nifas fardu sebab Allah ta'ala.

Tata Cara Mandi Wajib


1. Niat Mandi Wajib
Niat mandi wajib sanggup dibaca secara verbal atau dalam hati baik dengan memakai bahasa arabnya, atau jikalau tidak hafal gunakan bahasa Indonesia saja, tapi lain kali niat mandi wajib dengan bahasa Arabnya semoga sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

2. Membersihkan kedua telapak tangan
Siram atau basulah tangan kiri dengan memakai asisten dan sebaliknya, basulah atau siram asisten dengan tangan kiri. Diulangi hingga 3 kali.

3. Mencuci Kemaluan
Mencuci dan membersihkan dari elok dan juga kotoran yang terdapat di sekitarnya dengan memakai tangan

4. Berwudhu
Setelah membersihkan kemaluan, saatnya berwudhu sebagaimana wudhu ketika kita hendak shalat.

5. Membasuh Rambut dan Menyela Pangkal Kepala
Cara membasuh rambut dan menyelea panggal kepala yaitu dengan memasukkan kedua tangan ke air, lalu dengan menggosokkan rambut hingga kulit kepala dengan memakai jari-jari tangan. Kemudian siram kepala secara 3x.

6. Menyiram dan Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh
Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan bersihkan, baik pada bagian-bagian yang tersembunyi atau lipatan ibarat ketiak, dibawah kemaluan, tubuh pecahan belakang, dan juga pada sel-sela jari kaki.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai bacaan doa niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib yang harus Anda ketahui. Mulai kini sudah tahu kan bagaimana cara melaksanakan mandi wajib ?. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
apa itu mandi wajib, pengertian mandi wajib atau mandi junub, mandi junub adalah, bacaan doa niat mandi wajib dan tata cara mandi wajib

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Doa Niat Mandi Wajib Dan Tata Caranya Lengkap (Bagi Yang Sudah 'Sunnah Rasul Malam Jumat' Wajib Baca!)"

Posting Komentar