Aneka Keripik Sayur Khas Nusantara, Camilan Sehat yang Gurih Renyah


 

Siapa sangka jika sayuran bisa dibuat aneka keripik. Sayur adalah sumber serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan zat di dalamnya juga sangat menutrisi tubuh. untuk membantu dalam memenuhi asupan sayuran, Anda dapat membuat aneka olahan keripik berbahan dasar sayuran di bawah ini. Dijamin, rasanya akan gurih dan terasa renyah di mulut.

1.    Keripik Bayam
Keripik bayam memang jadi yang paling terkenal. Makanan gurih renyah yang berasal dari bayam dan tepung ini tentu sudah akrab di kalangan masyarakat. Camilan sehat ini sudah ada sejak lama dan menjadi sayuran krispi favorit dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Anda bisa memilih daun bayam hijau atau merah yang lebar.

Cara membuat keripiknya juga mudah yaitu dengan memetik daun bayam, kemudian dicuci dan dikeringkan setiap helainya. Setelah itu, celupkan daun bayam per helainya ke dalam adonan tepung dan bumbu dan goreng dengan minyak yang mendidih. Keripik bayam pun siap disantap setelah diangkat dan ditiriskan agar minyaknya hilang.

2.    Keripik Sawi
Sawi adalah salah satu jenis sayuran hijau yang kaya gizi dan bisa diolah juga menjadi keripik. Cita rasanya yang gurih dan renyah dapat menjadi camilan sehari-hari ataupun untuk lauk penyerta saat makan nasi. Keripik ini tetap berkhasiat sebagaimana diketahui bahwa sawi mengandung vitamin K yang membantu penyerapan kalsium serta mengurangi pengeluaran kalsium.

3.    Keripik Pare
Pare dikenal dengan rasanya yang pahit. Akan tetapi, sangat menarik jika diolah menjadi keripik yang rasanya tentu jadi gurih pahit dan renyah. Anda bisa menambahkan perasa di dalam adonan tepung, kemudian baru mencelupkan irisan pare dan menggorengnya.

4.    Keripik Terong
Selain dimasak dengan dibuat sayur lodeh atau balado, ada cara lain untuk menyantap terong dan menikmatinya. Rasa terong yang gurih dan manis, ternyata sangat enak jika dijadikan keripik. Rasanya akan gurih dengan tekstur yang renyah, sehingga bisa bikin Anda ketagihan menyantapnya.
Cara membuatnya juga mudah yaitu dengan memilih terong yang sudah tua, kemudian potonglah tipis-tipis. Berikutnya, pangganglah terong di dalam oven dengan suhu 115°C selama 1.5 sampai 2 jam. Ada pula cara sederhana yaitu dengan menggoreng terong yang sudah dipotong tersebut dengan dibaluri tepung yang sudah dibumbui. Sebagai saran, pilih terong ungu agar lebih enak.

5.    Keripik Wortel
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya vitamin. Cara mengonsumsinya juga tak selalu sebagai bahan campuran dalam sop atau jus. Wortel ini juga bisa dijadikan camilan berupa keripik. Rasanya adalah gurih dan manis.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan memilih wortel yang berkualitas dan mencuci wortelnya sampai benar-benar bersih. Potong wortel tipis memanjang. Setelah itu, pangganglah wortel ke dalam oven dengan suhu 200°C selama 12-15 menit. Jangan lupa, taburilah garam atau bubuk perasa lainnya agar rasa keripiknya lebih enak.

6.    Keripik Tomat
Tomat juga tergolong sayuran karena bisa diolah untuk sayur. Jika biasanya tomat dibuat untuk bumbu tumis atau dibuat sop, kali ini tomat bisa dibuat jadi camilan sehat. Rasa tomat yang asam dan berair dapat berubah menjadi gurih renyah jika dibuat keripik.
Untuk membuatnya, pilihlah tomat yang besar. Potonglah tomat tipis-tipis, kemudian dipanggang di dalam oven dengan suhu 1000C selama 4-5 jam. Guna meningkatkan cita rasa, Anda bisa menambahkan keju parmesan juga garam di atasnya.

Aneka jenis keripik sayur tersebut sangat menarik untuk dinikmati sebagai camilan keluarga. Saat nongkrong bersama teman di rumah, Anda juga bisa menyajikannya sebagai camilan yang gurih renyah. Pilih saja sayuran yang paling menarik menurut Anda dan buatlah keripiknya. Jika ingin mencoba sensasi rasa yang lain, maka Anda dapat menambahkan bumbu perasa dan taburkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aneka Keripik Sayur Khas Nusantara, Camilan Sehat yang Gurih Renyah"

Posting Komentar